SBI MAHAL……?

SEKOLAH BERTARIF INTERNASIOANAL alias MAHAAALLLLLL .tentunya hal tersebut menuai berbagai pendapat dari berbagai kalangan yang mungkin juga mengalaminya sendiri, diambil contoh saja sekolah tersebut mengharuskan sejumlah muridnya untuk memiliki LAPTOP sendiri (piye iki)
Sistem Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) menuai kritik Federasi Guru Independen Indonesia (FGII). Mereka menilai penerapan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)Di Indonesia tidak tepat. Apalagi biaya untuk bersekolah di SBI ini jauh lebih mahal dibanding sekolah pada umumnya.

sekarang kita tengok sejenak dulu APA to SBI (sekolah bertaraf internasional) itu.?

Pengertian SBI
SBI adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia berkualitas Internasional dan lulusannya berdaya saing Internasional.
Karakteristik SBI

1. Menerapkan KTSP yang dikembangkan dari standart isi, standart kompetensi kelulusan dan kompetensi dasar yang diperkaya dengan muatan Internasional.
2. Menerapkan proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris, minimal untuk mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris.
3. Mengadopsi buku teks yang dipakai SBI (negara maju).
4. Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang ada di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).
5. Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standart kompetensi yang ditentukan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).
6. Sarana/prasarana memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
7. Penilaian memenuhi standar nasional dan Internasional.

Visi dan Misi SBI
Visi SBI dirancang agar memnuhi tiga indikator,yaitu:

1. Mencirikan wawasan kebangsaan,
2. Memberdayakan seluruh potensi kecerdasan (multiple inteligencies)
3. Meningkatkan daya saing global

Misi SBI merupakan jabaran visi SBI yang dirancang untuk dijadikan referensi dalam menyusun/mengembangkan rencana program kegiatan, indikator untuk menuyun misi ini terangkum pada akronim SMART:

1. Specific
2. Measurable (terukur)
3. Achievable (dapat dicapai)
4. Realistis
5. Time Bound (jelas jangkauan waktunya)

Saat ini sejumlah sekolah yang sudah menerapkan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) cenderung mewajibkan calon siswanya membayar biaya yang sangat tinggi.
SBI adalah salah satu bentuk neoliberalisasi pendidikan. Kalau pendidikan sudah diperjualbelikan seperti ini, ini sudah menjadi neolib pendidikan,
semoga pemerintah mendatang bisa membuat sistem yang lebih baik dari SBI karena menurutnya pendidikan itu universal dimana setiap orang boleh merasakannya. “Kalau yang dipakai sistem SBI kasihan orang-orang yang kurang mampu, masak kita harus kembali ke era penjajahan lagi. Ada sekolah untuk orang miskin dan sekolah untuk kaum borjuis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s